16 Siswa SMP Al Kautsar Ikut MTQ Pelajar Tingkat Provinsi

SMP Al Kautsar mengikutkan 16 siswanya untuk berlaga di ajang MTQ Pelajar Tingkat Provinsi Lampung yang digelar oleh MAN 1 Bandar Lampung pada Sabtu(17/9).
Guru Agama SMP Al Kautsar, Nurhayati mengatakan enam belas siswa kelas VIII tersebut akan mengikuti empat cabang lomba yakni Tilawatil Quran (3 siswa), Tahfizul Quran (2 siswa), Fahmil Quran (tiga kelompok dengan masing-masing kelompok tiga orang), serta kaligrafi (2 siswa). “Ada satu cabang yang tidak kami ikutkan yaitu syahril quran karena ini membutuhkan kerjasama kelompok antara qori, saritilawah, dan pensyarah atau penceramah. Ini butuh waktu lama untuk melatih kekompakan siswa,” ujar Nurhayati, kemarin (15/9).

Menurutnya, keenambelas siswa yang diikutikan ke MTQ Pelajar ini sudah diseleksi oleh guru agama dan guru TQ di sekolah. Para siswa kemudian diberi pelatihan secara intensif sejak Agustus lalu. “Pelatihan kami lakukan sebulan sebelum lomba,” kata dia.
Nurhayati menjelaskan, beberapa siswa yang dikirim ke MTQ Pelajar ini sudah pernah meraih prestasi di FLS2N tingkat Kota, terutama untuk cabang tilawatil dan fahmil quran. “Kalau untuk LCT, Tahfiz dan kaligrafi baru kali ini ikut. Kami harapkan siswa-siswa ini nanti memberikan hasil yang terbaik,” ujarnya.
Menurutnya, para siswa ini nanti akan bersaing dengan siswa-siswa dari madrasah tsanawiyah (MTs) serta pondok pesantren yang pelajaran agamanya lebih banyak dan diberikan rutin di sekolah. “Ya, kami berharap, para siswa kami nanti bisa bersaing dari seni ilmu agama karena nanti kompetisinya bisa sangat ketat sebab pesertanya dari MTs serta ponpes,” kata dia.
Nurhayati mengatakan, pihaknya sudah menghadiri technical meeting yang dilaksanakan pecan lalu. Dari pertemuan tersebut diprediksi peserta mencapai ratusan orang dari berbagai sekolah, madrasah dan pondok pesantren kabupaten/kota. “Pas technical meeting, ada peserta dari daerah diantaranya Tulangbawang, Kalianda, dan Pesawaran,” katanya.
Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *