101 Lulusan Al Kautsar Lolos SBMPTN

Sebanyak 101 lulusan SMA Al Kautsar diterima di berbagai perguruan tinggi negeri (PTN) lewat jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Kepala SMA Al Kautsar, Eko Anzair mengatakan, jumlah lulusan yang lolos lewat jalur SBMPTN tahun ini meningkatkan dibandingkan tahun lalu.

“Usai pengumuman SBMPTN pada 3 Juli kemarin, pihak sekolah langsung mendata siswa yang diterima lewat jalur seleksi ini, dan Alhamdulillah yang lolos mencapai 101 orang. Jumlah ini naik dibandingkan tahun lalu, kalau tahun lalu  ada 75 lulusan yang lolos SBMPTN,” ujar Eko.

Menurut Eko, para lulusan SMA Al Kautsar tersebut diterima di berbagai PTN di Jawa dan Sumatera, diantaranya Universitas Brawijaya (Unibraw), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Sriwijaya (Unsri), Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Airlangga (Unair), Universitas Padjajaran (Unpad), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Negeri Semarang (Unnes), Universitas Lampung (Unila) dan Intitut Tekhnologi Sumatera (Itera).

“Semua persyaratan kelulusan sudah diserahkan kepada siswa, tinggal menunggu ijazah karena blangkonya belum keluar dari dinas pendidikan,  jadi saat ini mereka masih menggunakan ijazah sementara untuk pendaftaran ulang di PTN,” kata Eko.

Eko memaparkan, peningkatan jumlah lulusan yang diterima di PTN tidak hanya lewat jalur SBMPTN, tapi juga jalur SNMPTN, dari 65 orang di tahun lalu menjadi 71 orang di tahun ini.  “Untuk saat ini, sudah sekitar 58,68% lulusan SMA Al Kautsar tahun ini yang diterima di PTN melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN serta ada 4 lulusan yang diterima di ikatan kedinasan. Ini kami juga masih menunggu yang lain karena ada beberapa ikatan kedinasan yang belum pengumuman,” tuturnya.

Eko berharap, para lulusan SMA Al Kautsar yang sudah diterima di perguruan tinggi negeri mensyukuri nikmat tersebut dengan cepat menyelesaikan pendidikan sehingga bisa melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi lagi dan berkiprah di masyarakat membesarkan nama Al Katusar. Dia juga mengingkatkan agar alumni Al Kautsar untuk menjaga nilai-nilai keIslaman yang telah diperoleh di Al Kautsar. “Jaga ibadah shalatnya, jaga nama baik AL Kautsar, tunjukkan di luar bahwa lulusan Al Kautsar tidak hanya unggul dari segi akademik, tapi juga memiliki karaktek baik, akhlakul karimah,” kata Eko.

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *